Pages

Sunday, February 10, 2013

Videocall facebook belum support system linux

cara menggunakan video call facebook
Pernah bercakap-cakap face to face menggunakan video call di facebook? Jika belum coba deh, selain kita bisa ngobrol suara anda akan langsung bisa melihat wajah lawan bicara anda. Video call ini bisa digunakan sembari membuat status, berkomentar dan sebagainya. Jadi kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas berfacebook ria.

Lihat gambar di samping! Bagi pengguna windows dapat langsung menggunakan panggilan ini dengan mengklik icon kamera pada obrolan. Tetapi, bagi yang baru pertama kali menggunakan anda perlu beberapa langkah untuk mempersiapkannya. Langkahnya tidak sulit, anda tinggal klik icon tersebut maka anda akan melakukan persiapan pertama mendownload aplikasi skype (ukurannya sekitar 400 KB). Persiapan kedua, setelah aplikasi terdownload, klik 2x aplikasi hasil download dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Ingat! Koneksi internet anda sangat mempengaruhi cepat lambatnya proses instalasi. Karena instalasi ini membutuhkan koneksi internet. Setelah selesai, anda tinggal melakukan panggilan kepada teman yang sama-sama telah menginstal aplikasi skype pada komputernya.

Tetapi, ternyata bagi pengguna system Linux belum didukung untuk panggilan videocall di facebook. Entah karena apa saya belum menemukan berita yang jelas dari pihak facebook. Hal ini baru saya ketahui ketika saya memanggil seorang teman dan terdapat pemberitahuan bahwa dia tidak dapat menerima panggilan saya.  Dalam panggilan saya terdapat peringatan dari facebook bahwa teman saya menggunakan browser atau sistem yang tifak didukung. Lihat gambar di bawah ini:

pemberitahuan facebook sistem operasi linuk tidak support panggilan video call
Akhirnya saya tanyakan, ternyata dia menggunakan sistem operasi Linux, bukan windows. Saya carikan artikel yang berkaitan dengan hal ini ternyata memang video call facebook belum mendukung untuk sistem operasi Linux.

Mengapa demikian? Mungkin saja facebook sendiri memprediksi bahwa sistem operasi windows lebih familier digunakan di seluruh dunia di bandingkan Linux. Yah, semoga saja di masa mendatang pihak facebook mendukung semua sistem operasi untuk fitur panggilan video ini, sehingga semua penggunanya bisa menikmati panggilan video dengan komputernya tanpa melihat sistem operasi.

No comments:

Post a Comment